Berlangganan Melalui RSS Feed Jika anda menikmati artikel ini klik disini, atau berlangganan untuk menerima konten yang lebih besar persis seperti itu.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Arsip Blog

Inilah Keuntungan Bersepeda Listrik Ramah Lingkungan



Info Inilah - Bersepeda motor memang menyenangkan. Terlebih lagi untuk dipakai di jalanan Ibu Kota Jakarta yang sering kali padat. Ketimbang mobil, sepeda motor menjadi alternatif kendaraan yang dipilih agar tidak terlalu terjebak dengan kemacetan jalan. 

Namun, dampak dari jumlah sepeda motor yang semakin tinggi menyebabkan polusi udara semakin parah dan penggunaan bahan bakar minyak yang semakin tinggi pula. Jika hal ini benar-benar sudah mencapai klimaks, kondisi sumber alam di bumi pun akan habis.

Ada baiknya jika jarak tempuh tidak terlampau jauh, misalnya kurang dari 40 kilometer. Anda memilih kendaraan lain yang lebih ramah, yakni sepeda listrik. 

Sepeda listrik merupakan kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Dengan menggunakan listrik, bahan bakar kendaraan ini tergolong hibrida, yakni bahan bakar alternatif tidak menggunakan minyak dan gas. 

Ketika menjabat sebagai Dirut Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dahlan Iskan pernah menggagas kampanye penggunaan sepeda listrik. Sepeda listrik jauh lebih irit dibandingkan sepeda motor konvensional. Selain itu, yang lebih penting lagi saat ini, penggunaan sepeda listrik akan mengurangi pengeluaran APBN untuk subsidi BBM secara drastis.

Berikut ini nilai positif dengan penggunaan sepeda listrik.
1. Dengan tenaga listrik, pengisiannya pun mudah sekali. Cukup diisi ulang layaknya telepon genggam sehingga ketergantungan dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tidak terlalu besar.

2. Kendaraan berbahan bakar minyak yang selama ini dipakai mengeluarkan polusi, yakni polusi suara dan polusi udara. Sementara dengan sepeda listrik, suara dari mesin halus dan tidak mengeluarkan asap. 

3. Jarak tempuh yang tidak kalah dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Menurut beberapa pengalaman, satu kali isi ulang menghabiskan waktu 2 jam dan dapat menempuh jarak hingga 40 kilometer. 

0 komentar

"PERINGATAN"
Komentar yang anda tulis tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan
2. Komentar Spam
3. Link Aktif atau Text Anchor, dan Sejenisnya